spot_img

Yuk Berburu Seafood di PIM Muara Baru Jakarta

GOWisata.id – Buat kamu pecinta seafood, di Jakarta ada Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru. Kabarnya sih, pasar itu mirip dengan pasar ikan Tsukiji di Jepang, lho. Bangunan pasar ikan ini terdiri dari tiga lantai yang luas dengan 894 kios basah (wet market) dan 155 kios kering (dry market)

Ada apa saja ragam seafood yang bisa kamu temukan di PIM? 

1. Ikan

Foto: infokini.id

Nah, kalau kamu suka ikan, Ikan yang ada di PIM Muara Baru ada Ikan kembung, tongkol, dan kakap. Selain ikan laut, ada juga lho jenis ikan air tawar seperti patin, bawal, dan mujair. Harga ikannya mulai dari Rp20.000,- per kilogram (kg). Untuk tips memilih ikan segar, perhatikan mata ikan yang jernih dan cerah. Selain itu, Ikan segar juga tidak berbau amis menyengat ya, Sob.

2. Udang

Foto: jambiupdate.co

Di PIM ada beragam jenis dan ukuran udang yang dijual. Ada udang tiger prawn, udang galah kecil, hingga udang galah super jumbo. Harga udang ini dimulai dari Rp50.000. Untuk tips memilih udang segar, bau udang segar seperti bau laut dan cenderung memiliki warna kehitaman cerah atau putih kecoklatan, atau bahkan bisa juga cenderung berwarna transparan.

3. Cumi-cumi

Foto: Data Indonesia

Hasil laut lain yang ada di PIM Muara Baru adalah cumi-cumi. Ukurannya dari cumi kecil hingga cumi yang sangat besar.

Satu kilogram cumi-cumi dijual dengan harga mulai Rp45.000,-. Untuk tips buat Sobat Pesona, kalau memilih cumi cari yang ukurannya tidak terlalu besar yaa. Karena kalau teralu besar, dagingnya lebih alot.

4. Kerang

Foto: https://id.wikipedia.org/

Buang penggemar kerang, tidak usah khawatir karena di sini juga bisa ditemukan penjualnya. Mulai dari kerang hijau, kerang darah, kerang bambu, kerang bulu, kerang macan dan lainnya. Harganya beragam mulai dari Rp10.000,- per kg. Untuk tips memilih kerang segar, pastikan kerang beraroma segar seperti bau laut dan cangkang kerang masih tertutup rapat.

5. Kepiting

Foto: prokal.co

Sobat Pesona suka kepiting? Kepiting di pasar ini mulai dijual dengan harga Rp100.000,- per kg. Untuk tips memilih kepiting, pastikan kamu memilih yang masih hidup, matanya berkedip, dan masih bergerak. Setelah itu, angkat kepitingnya dengan tangan, pilih kepiting yang lebih berat, karena itu tanda kepiting yang punya daging padat.

Area food court Pasar Muara Baru

sumber: agronet

PIM Muara Baru mulai buka pukul 17.00 hingga 00.00 WIB. Untuk akhir pekan, Sabtu dan Minggu, area food court buka mulai jam 15.00 WIB. Area food court-nya ada di balkon lantai dua pasar. Jadi, hasil buruan seafood dari lantai 1 bisa langsung kamu santap, karena di sana kamu bisa meminta untuk dimasak oleh para pedagang. Pastinya sudah tersedia juga meja-meja makan lengkap dengan kursi-kursi plastik khas warung kaki lima

Untuk harga ongkos masaknya, kalau mau dibakar Rp25.000,- sekilonya atau kalau mau digoreng tepung atau dimasak saus Rp30.000,- per kilonya. Untuk tambahan nasi kamu cukup menambahkan Rp5,000,- per porsinya. 

Sempatkan ke PIM Muara Baru buat makan seafood segar bareng keluarga saat liburan di Jakarta ya, Sob. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share

Pantai Mayangkara: Surga Tersembunyi di Pulau Bawean

GOWISATA.id-Pantai Mayangkara merupakan salah satu pantai terindah di Pulau Bawean, Jawa Timur. Pantai ini...

Cak Fauzi Sulap Beberapa Destinasi Wisata Bersama Pemerintah Desa

Gowisata-Pantai Sembilan merupakan salah satu pantai terindah di Pulau Giligenting, Sumenep, Jawa Timur. Pantai...
spot_img

Artikel Terkait

Terbangkan Layang-layang LED di Pantai, Festival Unik Ini Hadir di Sumenep

Pada perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menyelenggarakan...

4 Rekomendasi Kota untuk Lewatkan Malam Pergantian Tahun

GOWisata.id - Pergantian tahun biasanya jadi momen spesial. Apalagi kalau kamu merayakan tahun baru...