spot_img

Cak Fauzi Sulap Beberapa Destinasi Wisata Bersama Pemerintah Desa

Gowisata-Pantai Sembilan merupakan salah satu pantai terindah di Pulau Giligenting, Sumenep, Jawa Timur. Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya yang halus, air lautnya yang jernih.

Selain keindahan alamnya, Pantai Sembilan juga menawarkan berbagai aktivitas menarik bagi pengunjung, seperti berenang, berjemur, bermain pasir, snorkeling, dan diving.

Pantai Sembilan merupakan tempat yang ideal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman.

Dengan keindahan alamnya yang masih alami dan berbagai fasilitas yang lengkap, Pantai Sembilan merupakan tujuan wisata yang patut untuk dikunjungi.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, dulunya, pantai Sembilan terkenal kumuh dan menjadi tempat pembuangan sampah.

Namun, berkat kerja sama masyarakat dan pemerintah daerah, Pantai Sembilan kini menjadi destinasi wisata yang indah dan asri.

“Kalau dulu memang banyak didatangi sampah kiriman. Tetapi kini semuanya sudah disulap menjadi destinasi wisata,” katanya.

Menurut dia, selain pantai Sembilan, ada beberapa destinasi wisata lainnya di Sumenep, yang dulunya kotor karena mendapat sampah kiriman, disulap menjadi destinasi wisata menarik, dengan melibatkan BUMDS dan Pokdarwis setempat lainnya.


Dia mencontohkan Pantai Matahari juga menjadi destinasi wisata menarik. Banyak pengunjung yang datang kesana, karena pemandangan yang indah.

“Kita menyulap pantai penuh sampah dengan membangun destinasi wisata. Seperti pantai matahari, pantai Sembilan salah satu strategi kita. Tentunya dengan berbagai pertimbangan, kita melihat potensi bagus. Kalau kita sulap jadi destinasi wisata orang akan datang,” jelasnya.

“Sekarang pantai Matahari bersih dan banyak destinasi wisata. Ada beberapa wilayah yang mendapat sampah kiriman dan kita sulap jadi tempat wisata yang indah,” tambahnya.

Cak Fauzi mengatakan, pihaknya melakukan berbagai upaya dengan menggandeng masyarakat setempat, agar pantai Sembilan dan beberapa pantai lainnya menjadi destinasi wisata yang menarik dikunjungi.

Diantaranya adalah dengan mengajak komunitas, organisasi, atau masyarakat sekitar untuk membantu membersihkan sampah di sekitar pantai dan mengelolanya.
Selain itu, pihaknya terus melakukan sosialisasikan tentang pentingnya menjaga kebersihan pantai, mengedukasi masyarakat tentang bahaya sampah plastik dan pentingnya menjaga kebersihan pantai.

“Kita mensupport penuh BUMDS dan Pokdarwis agar bisa mendapatkan dukungan dalam pengelolaan pantai,” tambahnya.

Ketua DPP Bidang Hubungan Antar Lembaga Dan Kerjasama Lintas Sektor Asosiasi Desa Wisata (Asidewi) itu mengatakan, untuk menarik kunjungan wisatawan, pihaknya juga membangun fasilitas yang memadai dan mengadakan kegiatan yang menarik.

Karena itu, untuk melestarikan keindahan pantai tersebut, Pemkab Sumenep bersama dengan stakeholder terkait terus melakukan kegiatan yang berkelanjutan untuk menjaga kebersihan pantai dan kelestarian alam.

“Kami terus melakukan edukasi mengenai pentingnya pengelolaan sampah. Para pengunjung juga terus diingatka agar membuang sampah di tempat yang benar,” pungkasnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share

spot_img

Artikel Terkait

Serunya Liburan ke Pulau Gili Iyang: Menjelajahi Surga Tersembunyi di Madura

Pulau Gili Iyang, dikenal sebagai Pulau Oksigen karena memiliki kualitas udara terbaik di dunia,...

Menikmati Keindahan Sunrise Dari Bukit Sikunir

Bukit Sikunir adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan sunrise di Jawa Tengah....

Adu Otot di Pantai Slopeng: Madura Body Contest Diikuti Puluhan Atlet dari Berbagai Daerah!

Ratusan wisatawan terlihat memadati pantai Slopeng kabupaten Sumenep pada Sabtu (4/5/2024). Selain menikmati panorama alam...

Peson Alam Kebun Buah Mangunan: Negeri di Atas Awan, Bisa Nikmati Aneka Buah

Gowisata -- Desa Mangunan memiliki beragam destinasi wisata menarik. Ada kebun buah hingga hutan...