spot_img

Sensasi Menikmati Kopi Klotok Di Pinggiran Yogyakarta

Ada salah satu minuman tradisiional dari Yogyakarta yang cukup unik. Namanya adalah Kopi Klotok. Kopi ini disajikan dengan menggunakan alat tradisional yang bernama “Klotok”.

Klotok adalah alat yang terbuat dari kayu. Kopi Klotok biasanya disajikan dengan campuran gula aren, ditambah susu. Racikan itu membuat citarasa kopi menjadi unik dan berbeda dari kopi lainnya.

Kopi Klotok dijual di rumah-rumah penduduk atau pinggir jalan di Yogya. Rasanya lezat dan akan memberikan pengalaman kuliner lokal yang tak terlupakan bagi para wisatawan.

Sejarah dan asal-usulnya.

Sejarah Kopi Klotok memang cukup panjang. Konon, Kopi khas Yogyakarta itu adalah sajian para angsawan dan raja di Yogyakarta, saat masa kerjaaan Mataram.

Alat tradisional “Klotok” sendiri dapat dikatakan sangat tua, sudah digunakan oleh nenek moyang kita sejak zaman dahulu kala. Hingga saat ini,  Warung Kopi Klotok Jogja tetap diproduksi secara tradisional dengan menggunakan teknik yang sama seperti yang telah diterapkan selama berabad-abad. Bagi masyarakat Yogyakarta, kopi ini bukan hanya sekedar minuman, namun juga merupakan bagian dari budaya dan tradisi mereka yang harus dilestarikan.

Penyajian Kopi Klotok Berbeda Dari Yang lain

Penyaian Kopi Klotok ini memang terkenal cukup unik. Pertama, biji kopi yang akan diracik akan dipangging hingga matangnya sempurna. Biji kopi itu kemudian ditumpuk mandual dengan menggunakan alat tradisional  “Klotok” yang terbuat dari kayu.

Selanjutnya, bubuk kopi yang telah dihasilkan akan diseduh dengan air panas secara perlahan-lahan menggunakan kain saringan hingga menghasilkan cita rasa kopi yang begitu nikmat. Tidak hanya itu, penyajian Kopi Klotok Jogja juga kerap disertai dengan makanan ringan tradisional seperti jenang atau klepon untuk menambah sensasi kenikmatannya.

Kopi Klotok Jogja memiliki aroma yang khas dan kuat, serta rasa yang begitu nikmat dan menggugah selera. Proses penumbukan manual dengan alat tradisional “Klotok” membuat biji kopi terasa lebih halus dan menghasilkan bubuk kopi yang berkualitas tinggi.

Kopi Klotok Memiliki Citarasa Unik Dan Tak Terlupakan

Kopi Klotok Jogja adalah kopi tradisional yang memiliki cita rasa unik dan tak terlupakan dari jantung kota Yogyakarta. Tak hanya cara penyajiannya yang khas, namun juga proses pembuatannya yang menggunakan alat tradisional “Klotok”. Setelah diseduh dengan air panas secara perlahan-lahan melalui kain saringan, kita dapat menikmati citarasa kopi yang begitu nikmat dan berbeda dari jenis kopi lainnya. Disajikan dengan makanan ringan tradisional seperti jenang dan klepon, memberikan pengalaman kuliner yang memuaskan dan memperkaya pengetahuan tentang budaya Yogyakarta. Maka tidak heran jika Kopi Klotok menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta kopi dan wisatawan yang ingin mencicipi kuliner lokal.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share

Pantai Mayangkara: Surga Tersembunyi di Pulau Bawean

GOWISATA.id-Pantai Mayangkara merupakan salah satu pantai terindah di Pulau Bawean, Jawa Timur. Pantai ini...

Cak Fauzi Sulap Beberapa Destinasi Wisata Bersama Pemerintah Desa

Gowisata-Pantai Sembilan merupakan salah satu pantai terindah di Pulau Giligenting, Sumenep, Jawa Timur. Pantai...
spot_img

Artikel Terkait

Cak Fauzi Sulap Beberapa Destinasi Wisata Bersama Pemerintah Desa

Gowisata-Pantai Sembilan merupakan salah satu pantai terindah di Pulau Giligenting, Sumenep, Jawa Timur. Pantai...

Serunya Liburan ke Pulau Gili Iyang: Menjelajahi Surga Tersembunyi di Madura

Pulau Gili Iyang, dikenal sebagai Pulau Oksigen karena memiliki kualitas udara terbaik di dunia,...

Menikmati Keindahan Sunrise Dari Bukit Sikunir

Bukit Sikunir adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan sunrise di Jawa Tengah....

Peson Alam Kebun Buah Mangunan: Negeri di Atas Awan, Bisa Nikmati Aneka Buah

Gowisata -- Desa Mangunan memiliki beragam destinasi wisata menarik. Ada kebun buah hingga hutan...