Paket Wisata Bangka Belitung, dari Pantai hingga Danau yang Mempesona

Paket wisata Bangka Belitung punya sejuta pesona keindahan alam yang luar biasa. Minat seseorang untuk mengunjungi kepulauan ini semakin tinggi. Hal ini dikarenakan Bangka Belitung pernah menjadi setting film Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.

Keindahan alam Bangka Belitung diperlihatkan lewat film ini. Berkat film ini, minat untuk mengunjungi aneka paket wisata Bangka Belitung terus meningkat.

Bangka Belitung merupakan sebuah provinsi kepulauan yang ada di Indonesia. Provinsi ini terdiri dari dua pulau utama yaitu Bangka dan Belitung. Selain dua pulau ini, terdapat pulau-pulau kecil dengan total pulau yang berjumlah 470 pulau dan yang berpenghuni hanya 50 pulau.

Bangka Belitung dikenal sebagai daerah penghasil timah, jajaran pantai yang indah dan kerukunan antar etnis. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebelumnya adalah bagian dari Sumatera Selatan. Namun sejak tahun 2000, Bangka Belitung berdiri menjadi provinsi sendiri dengan berbagai potensi yang dimilikinya.

Paket wisata Bangka Belitung menawarkan pantai-pantai yang indah, danau, bahkan tempat bersejarah. Berikut paket wisata Bangka Belitung yang wajib kamu kunjungi ketika berada di negeri Laska Pelangi. Berikut Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber paket wisata Bangka Belitung yang indah, Kamis (24/10/2019).

Paket Wisata Bangka Belitung: Aneka Pantai

Pantai Tanjung Tinggi

Kepulauan Bangka Belitung terkenal dengan deretan pantai yang indah. Satu di antaranya yang bisa kamu kunjungi adalah Tanjung Tinggi. Pantai ini diapit oleh dua semenanjung, yaitu tanjung Kelayang dan tanjung Pendam.

Asal nama Tanjung Tinggi dari kata tanjung yang punya arti semenanjung dan tinggi artinya pantai yang memiliki bebatuan yang tinggi. Apabila kamu pernah menonton film Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi, pasti kamu sudah tidak asing dengan pantai ini.

Pantai ini punya keistimewaan berupa adanya ratusan batu granit besar yang tersebar di kedua semenanjung dan juga di laut di depan pantai. Ukuran granit tersebut mulai dari beberapa meter kubik hingga ratusan meter kubik, bahkan lebih besar dari sebuah bangunan rumah.

Pantai yang menjadi salah satu ikon Belitung ini wajib banget dikunjungi. Letaknya berjarak sekitar 31 km dari kota Tanjung Pandan.

Pantai Tanjung Kelayang

Selain Tanjung Tinggi, salah satu pantai yang digunakan dalam pembuatan film Laskar Pelangi adalah pantai Tanjung Kelayang. Terletak di Belitung, pantai ini juga memiliki bebatuan granit super besar yang mirip dengan kepala burung garuda.

Pantai Tanjung Kelayang telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pada tahun 2016. Kawasan pantai ini mempunyai kegiatan utama di bidang pariwisata. Hal inilah yang membuat pantai Tanjung Kelayang menjadi salah satu unggulan paket wisata Bangka Belitung.

Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri merupakan salah satu pantai yang dimiliki pulau Bangka. Pantai ini memiliki kontur tanah yang landau dengan ombak yang relatif kecil. Pantai ini punta hamparan pasir putih bersih dan batu-batu granit alami membuat setiap mata akan termanjakan.

Keindahan pantainya bisa kamu nikmati hingga ke dalam. Kamu bisa menyelam bersama terumnu karang. Selain itu, kamu juga bisa memancing atau bermain banana boat sambil menikmati keindahan alamnya.

Paket Wisata Bangka Belitung: Tempat Bersejarah

Museum Kata Andrea Hirata

Selain pantai, paket wisata Bangka Belitung juga menawarkan tempat lainnya yang tak kalah seru. Setelah puas mengunjungi pantai-pantai di Bangka Belitung, kamu bisa berkunjung ke tempat-tempat bersejarah.

Museum Kata Andrea Hirata menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi ketika ke Bangka Belitung. Ini merupakan museum literature pertama yang ada di Indosnesia. Di sini kamu bisa menikmati aneka koleksi dari film Laskar Pelangi dan berbagai karya dari Andrea Hirata lainnya.

Museum ini cocok dikunjungi yang suka dengan dunia sastra termasuk sosok Andrea Hirata. Di sini akan menemukan kata-kata karya Andrea Hirata yang dipajang dengan pigura. Museum Kata Andrea Hirata juga cocok untuk dijadikan tempat menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Replika Sekolah Laskar Pelangi

SD Muhammadiyah Gantong merupakan salah satu inspirasi pembuatan film Laskar Pelangi. Kini sekolah ini sudah tidak ada. Dulu lokasinya terletak tepat di pinggir pantai Belitung Timur.

Namun, kini sudah diganti dengan Replika Sekolah Laskar Pelangi ini guna kebutuhan syuting. Replika Sekolah Laskar Pelangi dibuat bertujuan untuk syuting film Laskar Pelangi. Replika sekolah ini dibuat oleh Riri Riza lengkap dengan pasir pantai puntihnya.

Di sini kamu bisa menikmati suasana sekolah yang pernah kamu lihat di dilm Laskar Pelangi. Sambil berjalan-jalan, kamu bisa sambil mengabadikan setiap sudut sekolah yang punya cerita sejarah yang telah diceritakan lewat film Laskar Pelangi.

Untuk mengunjungi sekolah replika ini, butuh waktu hingga 2 jam dari bandara Belitung. Walaupun cukup jauh, namun kamu akan senang ketika sampai di sana.

Paket Wisata Bangka Belitung: Danau dan Bukit yang Indah

Danau Kaolin

Danau Kaolin merupakan danau yang memiliki warna daratan putih bersih dengan airnya yang berwarna biru menyala. Danau ini terbentuk dari bekas tempat pertambangan Kaolin yang telah ditinggalkan. Berkat bantuan alam, terbentuklah keindahan yang menjadi Danau Kaolin.

Kaolin sendiri merupakan mineral yang digunakan sebagai bahan industri seperti kosmetik, kertas, makanan, dan pasta gigi. Terletak di Desa Air Raya, Tanjung Pandan, danau ini cocok buat kamu yang gemar fotografi. Selain itu, kamu juga bisa berenang di sini.

Bukit Menumbing

Bangka Belitung juga menawarkan wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi, yaitu bukit Menumbing. Wilayah ini merupakan tempat pengasingan para pahlawan kemerdekaan.

Bukit Menumbing merupakan sebuah bukit yang terletak di wilayah Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat dengan ketinggian 355 meter dari permukaan laut. Di puncak bukit ini terdapat Wisma Menumbing atau Pesanggrahan Menumbing yang merupakan tempat pengasingan Soekarno, Mohammad Hatta dan tokoh lainnya.

Di pesanggrahan tersebut banyak foto-foto aktivitas para pahlawan selama diasingkan. Sebagian besar kegiatan para pemimpin bangsa tersebut berupa rapat, pertemuan dan diskusi. Selain Bung Karno, tokoh lain yang diasingkan adalah Bung Hatta, Ali Sastroamidjojo, M Roem, Pringgodigdo.

Batu Mentas

Batu Mentas bisa kamu jadikan alternatif sebagai paket wisata Bangka Belitung. Batu mentas ini merupakan bagian dari kawasan Hutan Lindung Wisata Alam Gunung Tajam. Di sini kamu bisa merasakan sejuknya hawa pegunungan dan menikmati asrinya hutan yang hijau.

Terletak di Desa Kelekak Datuk, Kecamatan Badau, Belitung Barat, kamu bisa melihat hewan endemik Belitung. Tak hanya itu, di Batu Mentas ini juga memiliki kawasan konservasi Tarsius.

About the Author: Mr. Alvharezky

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *