Mengenal Dosis Obat

Mengenal Dosis Obat – Apakah kalian semua sudah mengetahui istilah dosis ? Dosis dapat diartikan sebagai obat yang memiliki kadar tertentu atau satuan tertentu. Satuan yang digunakan dosis yaitu mg (miligram), ada juga IU (internasional unit) khusus untuk vitamin dan microgram.

Sebagai contoh, untuk orang dewasa dosis yang lazim untuk penghilang sakit atau menurunkan panas yaitu parasetamol 500 miligram (mg). Jika untuk obat jantung maka dosis nya 0.5 mg dan untuk obat Corticosteroid Nasal Spray goapotik beda lagi dosisnya. Pada dasarnya beda obat sama dengan beda dosis. Kandungan dosis yang terdapat dalam obat telah diteliti dalam jangka waktu yang tidak cepat.

Didalam dunia farmasi atau dokter dosis dikenal dalam beberapa istilah sebagai berikut ini :

  1. Untuk dosis lazim maka jumlah dosis sama dengan acuan pemakaian obat. Dosis lazim bakal memberikan hasil atau khasiat yang telah diharapkan.
  2. Untuk dosis maksimal merupakan dosis besar yang dapat digunakan untuk orang sehat atau dapat digunakan setiap harinya.
  3. Sedangkan untuk dosis racun atau toksik merupakan dosis obat yang memiliki kadar sangat tinggi atau melampaui dosis maksimal. Didalam dunia pengobatan racun dan obat sangatlah berbeda, hal tersebut dilihat dari kandungan dosisnya.

Apabila obat yang dipakai dosisnya dibawah lazim, maka obat tersebut tak bakal cukup untuk memberikan khasiat yang diharapkan. Namun apabila dosis yang dipakai melebihi batas maksimal dosis, maka pengguna akan merasakan efek racun dari obat tersebut. Seperti contoh vometa tablet untuk perut kembung memiliki dosis tertentu yang sangat aman digunakan untuk obat kembuh, mual ataupun muntah.

Kandungan dosis didalam obat pastinya memiliki khasiat masing-masing dan menjadi bagian yang sangat penting untuk proses penyembuhan penyakit. Untuk mengetahui kandungan dosis dari obat, Anda bisa melihatnya di brosur obat atau etiket. Saat ini banyak kasus terjadi mengenai penggunaan dosis dibawah batas lazim. Salah satu yang sering terjadi yakni ketika memakai obat dalam bentuk sirup dan menggunakan takaran sendok sebagai tolak ukurnya.

Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui ketika mengkonsumsi obat sirup dengan menggunakan sendok rumah, alangkah baiknya Anda gunakan sendok yang telah diberikan dokter agar kandungan dosis benar-benar pas (tidak lebih). Sampai disini apakah Anda sedikit memahami tentang dosis ? Mungkin cukup sampai disini yang dapat kami berikan. Terima kasih.

About the Author: Mr. Alvharezky

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *